Rabu, 14 Juni 2017

Survey Klasifikasi

BAB III
KLASIFIKASI KAPAL

3.1.      Proses Survey Klasifikasi
Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 61 Tahun 2014 tentang kewajiban klasifikasi bagi kapal Berbendera Indonesia pada Badan Klasifikasi, pada BAB II Tentang Klasifikasi Kapal Berbendera Indonesia, dijelaskan bahwa Kapal Berbendera Indonesia jenis dan ukuran tertentu wajib diklasifikasikan pada Badan Klasifikasi dengan kriteria :
1. Ukuran panjang antara garis tegak depan dan belakang 20 (dua puluh) meter atau lebih;
                     2. Tonase kotor GT 100 (seratus gross tonnage) atau lebih; atau
3. Yang digerakkan dengan tenaga penggerak utama 250 HP atau lebih .
Untuk mendapatkan kelas dari Biro Klasifikasi Indonesia, maka prosedur-prosedur yang harus ditempuh setiap kapal baru dibangun ataupun untuk kapal-kapal yang belum mempunyai klas Biro Klasifikasi Indonesia adalah sebagai berikut:
1)      Mengajukan surat permohonan kepada Biro Klasifikasi Indonesia secara tertulis rangkap 3 oleh galangan atau pemilik kapal, dimana permohonan tersebut dapat diperoleh dari biro Klasifikasi Indonesia.
2)      Menyerahkan gambar-gambar dan dokumen kepada Biro Klasifikasi Indonesia rangkap 3, dan untuk yang berbendera Indonesia dibuat rangkap 4, karena untuk pemerintah.
3)      Semua bahan yang digunakan untuk membangun kapal, misalnya mesin, pompa-pompa, jangkar dan profil harus mempunyai sertifikat.
Menyerahkan keterangan mengenai seluruh bagian-bagian yang harus disetujui, dan survey yang dikeluarkan oleh cabang Biro Klasifikasi Indonesia yang bersangkutan, berikut dikeluarkan sertifikat sementara dan untuk sertifikat permanen akan dikeluarkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia Pusat. Setiap kapal yang akan diklaskan ke Biro Klasifikasi Indonesia akan didaftar di dalam buku register Biro Klasifikasi Indonesia beserta tanda klas dan lambung timbul musim panas.lanjut ke artikel selanjutnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...