Selasa, 13 Juni 2017

Docking Kapal.

  Docking Kapal
Dok kapal merupakan sarana dengan segala peralatandan perlengkapan, tempat badan kapal dapat duduk diatasnya dalam keadaan kering (Djaya 2008).  Proses ini membutuhkan tahapan dan prosedur yang benar karena kapal harus berada di daratan (graving dock) untuk dirawat atau diperbaiki. Adapun persiapan pengedokan dilakukan bersama antara crew kapal dengan pihak galangan (bagian dok) agar pengedokan berjalan dengan baik. Selain itu kapal yang akan sandar dan atau masuk dok harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1.        Kapal dalam keadaan tegak lurus / tidak miring, trim maksimal yang diijinkan adalah 1 meter.
2.        Sarat kapal disesuaikan dengan pasang surut air laut.
3.        Kapal harus bebas dari muatan berbahaya, diantaranya ; bahan kimia, bahan peledak, serta muatan-muatan sejenis yang dapat membahayakan jiwa manusia.
4.        Gas free sertificate untuk kapal tanker dan telah mendapatkan surat bukti bahwa tangki bebas gas dan ijin “hotwork” dari Syahbandar.
5.        Kesiapan fasilitas sandar (bolder, crew dock, tali tug boat).
Setelah semua persyaratan tersebut terpenuhi, kapal dapat sandar untuk menunggu proses pengedokan. Sebelum kapal naik dok, dilaksanakan pekerjaan persiapan dalam dok sebagai berikut :
1.        Pengaturan keel block dan side block. Side block antara mengacu pada gambar docking plan atau dari gambar Bukaan Kulit atau Profil .
2.        Tinggi keel block 1 meter yang terdiri dari beton cor dengan tinggi 70 cm serta bantalan kayu keras dan lunak dengan tinggi 30 cm
3.        Tinggi side block dan side block antara 1 meter ditambah kenaikan sesuai dengan bentuk rise of floor kapal jika ada .
4.        Kapal-kapal dengan lebar sama atau lebih dari 16 m dibuatkan side block antara, dimana jarak antar blok maksimal 2 m atau diatur tumpuan maksimal pada landasan graving tidak lebih.
5.        Posisi bottom plug, peralatan elektronik di bawah kulit lambung, sea chest, sepatu kemudi tidak boleh bertumpu pada stop block.
6.        Penempatan keel block, side block, dan side block antara diusahakan bertumpu pada wrang-wrang double bottom, sekat melintang, dan memanjang untuk menghindari deformasi pada pelat bottom.



                                      Proses Penataan Stop Block dan Penandaan Graving Dock

Pengaturan stop block dalam graving dock menggunakan bantuan mobile crane dan forklift, namun sebelumnya telah diberi tanda pada daerah dinding graving dock sehingga telah di sesuaikan dan posisinya pasti tepat dengan posisi kapal sehingga tidak mengalami deformasi plat bottom pada dearah yang tidak ada penguatnya. Untuk tinggi rendahnya stop block dikerjakan oleh para petugas atau pekerja divisi dok. Proses memasukan kapal pada Graving dock, pada perusahaan ini sistim pintunya menggunakan sistem pintu ponton yang berukuran sama dengan lebar graving dock dan cara pengisian air menggunakan kran-kran yang berukuran tertentu dan dapat diatur besar kecepatan aliran yang di perlukan, sehingga tidak mengeser kedudukan blok-blok yang telah ditata sebelumnya kemudian di tunggu hingga air yang masuk dalam graving dock telah mencapai tinggi permukaan water form, dan lambat laun ponton mengapung, sehingga ponton dengan mudah ditarik dengan tali ke tepi yaitu menempel dinding dock.
Selanjutnya kapal yang akan direparasi dapat dimasukan kedalam dock dengan bantuan kapal tunda dan capstan yang di pasang di depan dock. Kemudian setelah kapal masuk maka dilanjutkan dengan melihat dan mengetahui apakah kapal telah menempati pada bagian keel block atau side blocknya masing-masing. Untuk mengetahui kedudukan tersebut dengan melihat tanda-tanda yang ada pada dinding dock dimana pada sisi kapal dipasang kayu penyangga atau strut yang panjangnya telah ditentukan selain itu dengan menggunakan penyelaman.

   Penutupan pintu ponton dan pemompaan air keluar, dengan menarik pintu ponton yang menempel pada sisi dinding dock diarahkan pada ujung graving dock yang terbuka secara melintang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...