Apa itu Hydrostatic Curves, atau Lengkung Hidrostatik .......... ??????
Hydrostatic
Curves berfungsi untuk mengetahui sifat-sifat badan kapal yang tercelup di dalam air, atau dengan
untuk kata lain untuk mengetahui sifat-sifat karene.
Ada 20 lengkungan dalam Lengkung Hidrostatik :
1.
Water Plain Area (WPA) adalah luas bidang garis
air yang telah kita rencanakan dalan Lines Plan dari tiap-tiap water line.
2.
Coefficient of
Water Line (CWL)
adalah nilai perbandingan
antara luas bidang garis air tiap water line dengan sebuah segi empat dengan
panjang L dan lebar B.
3.
Ton Per Centimetre Immersion (TPC) adalah jumlah ton yang
diperlukan untuk mengadakan perubahan sarat kapal sebesar 1 cm.
4.
Midship of Section Area (MSA) adalah luas moulded kapal
pada section midship untuk tiap-tiap sarat kapal.
5.
Midship Coefficient (CM) adalah perbandingan luas
penampang midship kapal dengan luas suatu penampang dengan lebar B dan tinggi T
untuk tiap water line.
6.
Block Coefficient (CB)
adalah perbandingan isi karene dengan balok dengan panjang L, lebar B dan
tinggi T.
7.
Transverse Center of Bouyancy to Metacenter (TBM) adalah jarak titik tekan
bouyancy ( gaya tekan ke atas air ) secara melintang terhadap titik metasentra.
Satuannya dalam meter (m).
8.
Prismatic Coefficient (w)
adalah perbandingan volume karene dengan volume prisma dengan luas
penampang midship kapal dan panjang L.
9.
Moment to change Trim one Centimeter (MTC) adalah momen yang
diperlukan untuk mengadakan trim sebesar 1 cm.
10. Displacement Due to one
centimeter of Trim by stern (DDT)
adalah besarnya perubahan displacement kapal yang diakibatkan oleh
perubahan trim kapal sebesar 1 cm.
11. Displacement (D) adalah berat air laut
yang dipindahkan karena adanya volume badan kapal yang tercelup ke dalam air
(karene) termasuk juga akibat tambahan adanya pelat karene.
12. Displacement Moulded ( Dmld ) adalah berat air laut
yang dipindahkan karena adanya volume karene tanpa kulit.
13. Wetted Surface Area (WSA) adalah luas permukaan
badan kapal yang tercelup dalam air pada setiap water line-nya.
14. Sheel Displacement adalah berat air laut
yang dipindahkan karena adanya kulit/pelat pada karene.
15. Longitudinal Center of
Bouyancy to Metacenter (LBM)
adalah jarak titik tekan bouyancy secara memanjang terhadap titik
metasentra. Satuannya dalam meter (m).
16. Longitudinal of Keel to
Metacenter (LKM)
adalah letak metasentra memanjang terhadap lunas kapal untuk tiap-tiap
sarat kapal.
17. Longitudinal Center of
Bouyancy ( LCB)
adalah jarak titik tekan bouyancy terhadap penampang midship kapal untuk
setiap sarat kapal.
18. Longitudinal Center of
Floatation (LCF)
adalah jarak titik berat garis air terhadap penampang tengah kapal untuk
setiap sarat kapal
19. Keel to Center of
Bouyancy (KB)
adalah jarak titik tekan bouyancy ke lunas kapal. Satuannya dalam meter
(m).
20. Transverse of Keel to
Metacenter (TKM)
adalah letak titik metasentra melintang terhadap lunas kapal untuk
tiap-tiap water line-nya. Satuannya dalam meter (m).
Terimakasih infonya sangat bermanfaat
BalasHapusjangan lupa kunjungi web kami
www.ppns.ac.id
Thanks
BalasHapus