Senin, 24 Juli 2017

Hydrostatic Curves


 Apa itu Hydrostatic Curves, atau Lengkung Hidrostatik .......... ??????

Hydrostatic Curves berfungsi untuk mengetahui sifat-sifat badan kapal yang tercelup di dalam air, atau dengan untuk kata lain untuk mengetahui sifat-sifat karene.

Ada 20 lengkungan dalam Lengkung Hidrostatik :

1.     Water Plain Area (WPA) adalah luas bidang garis air yang telah kita rencanakan dalan Lines Plan dari tiap-tiap water line.

2.     Coefficient of  Water Line (CWL) adalah nilai perbandingan antara luas bidang garis air tiap water line dengan sebuah segi empat dengan panjang L dan lebar B.

3.     Ton Per Centimetre Immersion (TPC) adalah jumlah ton yang diperlukan untuk mengadakan perubahan sarat kapal sebesar 1 cm.

4.     Midship of Section Area (MSA) adalah luas moulded kapal pada section midship untuk tiap-tiap sarat kapal.

5.     Midship Coefficient (CM) adalah perbandingan luas penampang midship kapal dengan luas suatu penampang dengan lebar B dan tinggi T untuk tiap water line.

6.     Block Coefficient (CB) adalah perbandingan isi karene dengan balok dengan panjang L, lebar B dan tinggi T.

7.     Transverse Center of Bouyancy to Metacenter (TBM) adalah jarak titik tekan bouyancy ( gaya tekan ke atas air ) secara melintang terhadap titik metasentra. Satuannya dalam meter (m).

8.     Prismatic Coefficient (w) adalah perbandingan volume karene dengan volume prisma dengan luas penampang midship kapal dan panjang L.

9.     Moment to change Trim one Centimeter (MTC)  adalah momen yang diperlukan untuk mengadakan trim sebesar 1 cm.

10. Displacement Due to one centimeter of Trim by stern (DDT) adalah besarnya perubahan displacement kapal yang diakibatkan oleh perubahan trim kapal sebesar 1 cm.

11. Displacement (D) adalah berat air laut yang dipindahkan karena adanya volume badan kapal yang tercelup ke dalam air (karene) termasuk juga akibat tambahan adanya pelat karene.

12. Displacement Moulded ( Dmld ) adalah berat air laut yang dipindahkan karena adanya volume karene tanpa kulit.

13. Wetted Surface Area (WSA) adalah luas permukaan badan kapal yang tercelup dalam air pada setiap water line-nya.

14. Sheel Displacement adalah berat air laut yang dipindahkan karena adanya kulit/pelat pada karene.

15. Longitudinal Center of Bouyancy to Metacenter (LBM) adalah jarak titik tekan bouyancy secara memanjang terhadap titik metasentra. Satuannya dalam meter (m).

16. Longitudinal of Keel to Metacenter (LKM) adalah letak metasentra memanjang terhadap lunas kapal untuk tiap-tiap sarat kapal.

17. Longitudinal Center of Bouyancy ( LCB) adalah jarak titik tekan bouyancy terhadap penampang midship kapal untuk setiap sarat kapal.

18. Longitudinal Center of Floatation (LCF) adalah jarak titik berat garis air terhadap penampang tengah kapal untuk setiap sarat kapal

19. Keel to Center of Bouyancy (KB) adalah jarak titik tekan bouyancy ke lunas kapal. Satuannya dalam meter (m).

20. Transverse of Keel to Metacenter (TKM) adalah letak titik metasentra melintang terhadap lunas kapal untuk tiap-tiap water line-nya. Satuannya dalam meter (m).

2 komentar:

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...