Selasa, 13 Juni 2017

apa yang dimaksud dengan docking kapal


DOCKING KAPAL

Docking Kapal adalah suatu peristiwa dimana kapal dipindahkan dari laut ke daratan atau atas dock dengan bantuan fasilitas pendukung pengedockan. Atau dapat juga melakukan proses pembangunan kapal baru atau perbaikan kapal. pengedokan kapal harus dilakukan secara hati – hati dan persiapan yang matang mengingat spesifikasi kapal yang berbeda-beda serta bahaya yang mengancam.

Type Dock yang umum adalah sebagai berikut :
1. Dock Kolam
2. Dock Apung
3. Dock Tarik
4. Dock Angkat

DOCK KOLAM (GRAVING DOCK/DRY DOCK)
Graving Dock yaitu suatu fasilitas docking kapal berupa kolam besar di pinggir laut, dimana konstruksi sipilnya terdiri dari dinding beton dan lantai beton dengan menumpu kepada tiang pancang dibawah lantai. 

Dan pintu/gate pada umumnya terbuat dari elemen baja dan kontak langsung dengan laut/samudera.


DOCK APUNG (FLOATING DOCK)
Floating Dock adalah suatu bangunan konstruksi dilaut yang digunakan untuk pengedokan kapal dengan cara menenggelamkan dan mengapungkan dalam arah vertikal. Konstruksi floating dock ini umumnya terbuat dari baja dan plat.


DOCK TARIK (SLIPWAY)
Slipway adalah suatu fasilitas pengedokan kapal dengan cara menarik kapal dari permukaan air laut, kemudian mendudukkan kapal pada (gerobak/craddle). Dengan bantuan mesin derek/tarik, wire rope/tali baja dan sebagai jalan dari kereta dengan sudut kemiringan tertentu yaitu 1:12 s/d 1:16.


DOCK ANGKAT (SYNCRHOLIFT)
Dock angkat adalah salah satu jenis pengedokan yang jarang dijumpai, pada galangan harus ada dan memenuhi daya angkat yang telah ditentukan pada kappa


Sumber : http://www.maritimeworld.web.id/2014/05/galangan-kapal-atau-dock-kapal-shipyard.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...