Jumat, 16 Juni 2017

Pertimbangan Pemilihan Mesin Induk kapal

Pertimbangan Pemilihan Mesin Induk kapal.

apa itu mesin induk.........?????????????????????????????????????????

Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan mesin induk :
Ø Maintainability
Perawatan maupun perbaikan mesin yang mudah dengan biaya yang murah juga perlu diperhatikan dalam memilih motor penggerak kapal (mesin induk). Hal ini berakibat langsung terhadap biaya operasional kapal dan jumlah crew kapal.

Ø Reliability
Keberadaan permesinan di pasaran dan mudah tidaknya memperoleh tipe mesin tersebut merupakan faktor yang utama, karena mempengaruhi faktor yang lain.

Ø Space and Arrangement Requirement
Perencanaan ruangan untuk tipe mesin induk yang dimaksud seharusnya tidak memerlukan tempat yang sangat luas, sehingga dapat mengurangi dimensi kamar mesin.

Ø Weigth Requirement
Berat permesinan sangat mempengaruhi kapasitas/jumlah muatan (full load) kapal, khususnya pada kapal tanker yang kapasitas cargonya sangat tergantung dengan sarat kapal.

Ø Type Of Fuel Required
Dari berbagai jenis bahan bakar yang dipakai mesin induk (padat, cair maupun gas), yang lebih banyak digunakan adalah cair (petroleum fuels). Selain mudah diperoleh juga murah, yang penting adalah sesuai dengan mesin sehingga memperpanjang umur mesin tersebut.

Ø Fuel Consumption
Mesin induk yang dipilih seharusnya memerlukan bahan bakar sehemat mungkin/tidak boros karena bisa mengurangi biaya operasional kapal.

Ø Fractional Power And Transient Performance
Kemampuan mesin saat beroperasi, baik pada saat kapal di pelabuhan dengan kecepatan rendah maupun saat kapal berlayar dengan kecepatan penuh juga perlu dipertimbangkan.

Ø Interrelations With Auxilaries
Keberadaan mesin bantu dalam melayani kebutuhan mesin induk, cargo handling, ship handling, dan lain-lain juga harus diperhatikan.

Ø Reversing Capability
Kemampuan bermanuver dari mesin induk untuk menghentikan kapal maupun membelokkan kapal berpengaruh terhadap olah gerak kapal sehingga mendapat perhatian khusus. Hal ini terkait dengan tipe propeller yang dipakai.

Ø Operating Personnel
Jumlah maupun crew yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin induk dan kemampuan mengoperasikannya merupakan hal yang juga harus diperhatikan.

Ø Costs
Biaya instalasi mesin maupun biaya operasionalnya merupakan faktor yang sangat penting karena berpengaruh terhadap ekonomis kapal.

Ø Rating Limitations
Sebagai pertimbangan lainnya, dapat dilihat pada tabel berikut :

Tabel 1. Engine speed classifications.
Specifications
Piston Speed [rpm]
Shaft Speed [rpm]
Low speed
1000 – 1200
100 – 514
Medium speed
1200 – 1800
700 – 1200
High speed
1800 – 3000
1800 – 4000
    
Tabel 2. Keuntungan dan kerugian mesin putaran rendah dan putaran tinggi.

Tinjauan
Putaran Rendah
Putaran Tinggi
Dimensi mesin
Besar
Kecil
Umur pemakaian komponen
Lama
Cepat
Berat mesin
Berat
Ringan
Harga mesin
Mahal
Murah
Komsumsi bahan bakar
Irit
Boros
Biaya operasional
Murah
Mahal
Biaya instalasi mesin
Murah
Mahal

1 komentar:

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...