Pertimbangan
Pemilihan Mesin Induk kapal.
apa itu mesin induk.........?????????????????????????????????????????
Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan mesin induk :
Ø Maintainability
Perawatan maupun perbaikan
mesin yang mudah dengan biaya yang murah juga perlu diperhatikan dalam memilih
motor penggerak kapal (mesin induk). Hal ini berakibat langsung terhadap biaya
operasional kapal dan jumlah crew
kapal.
Ø Reliability
Keberadaan permesinan di
pasaran dan mudah tidaknya memperoleh tipe mesin tersebut merupakan faktor yang
utama, karena mempengaruhi faktor yang lain.
Ø Space and Arrangement Requirement
Perencanaan ruangan untuk
tipe mesin induk yang dimaksud seharusnya tidak memerlukan tempat yang sangat
luas, sehingga dapat mengurangi dimensi kamar mesin.
Ø Weigth Requirement
Berat permesinan sangat
mempengaruhi kapasitas/jumlah muatan (full
load) kapal, khususnya pada kapal tanker yang kapasitas cargonya sangat
tergantung dengan sarat kapal.
Ø Type Of Fuel Required
Dari berbagai jenis bahan
bakar yang dipakai mesin induk (padat, cair maupun gas), yang lebih banyak
digunakan adalah cair (petroleum fuels).
Selain mudah diperoleh juga murah, yang penting adalah sesuai dengan mesin
sehingga memperpanjang umur mesin tersebut.
Ø
Fuel Consumption
Mesin induk yang dipilih
seharusnya memerlukan bahan bakar sehemat mungkin/tidak boros karena bisa
mengurangi biaya operasional kapal.
Ø Fractional Power And Transient
Performance
Kemampuan mesin saat
beroperasi, baik pada saat kapal di pelabuhan dengan kecepatan rendah maupun
saat kapal berlayar dengan kecepatan penuh juga perlu dipertimbangkan.
Ø Interrelations With Auxilaries
Keberadaan mesin bantu dalam
melayani kebutuhan mesin induk, cargo
handling, ship handling, dan lain-lain juga harus diperhatikan.
Ø Reversing Capability
Kemampuan bermanuver dari
mesin induk untuk menghentikan kapal maupun membelokkan kapal berpengaruh
terhadap olah gerak kapal sehingga mendapat perhatian khusus. Hal ini terkait
dengan tipe propeller yang dipakai.
Ø Operating Personnel
Jumlah maupun crew yang diperlukan untuk
mengoperasikan mesin induk dan kemampuan mengoperasikannya merupakan hal yang
juga harus diperhatikan.
Ø Costs
Biaya instalasi mesin maupun
biaya operasionalnya merupakan faktor yang sangat penting karena berpengaruh
terhadap ekonomis kapal.
Ø Rating Limitations
Sebagai pertimbangan lainnya, dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 1. Engine speed classifications.
Specifications
|
Piston Speed [rpm]
|
Shaft Speed [rpm]
|
Low speed
|
1000 – 1200
|
100 – 514
|
Medium speed
|
1200 – 1800
|
700 – 1200
|
High speed
|
1800 – 3000
|
1800 – 4000
|
Tabel 2. Keuntungan dan kerugian mesin putaran rendah dan putaran tinggi.
Tinjauan
|
Putaran Rendah
|
Putaran Tinggi
|
Dimensi mesin
|
Besar
|
Kecil
|
Umur pemakaian komponen
|
Lama
|
Cepat
|
Berat mesin
|
Berat
|
Ringan
|
Harga mesin
|
Mahal
|
Murah
|
Komsumsi bahan bakar
|
Irit
|
Boros
|
Biaya operasional
|
Murah
|
Mahal
|
Biaya instalasi mesin
|
Murah
|
Mahal
|
Terimakasih, sangat membantu. izin copy
BalasHapus