Kamis, 15 Juni 2017

Mesin Uap Torak Pada Kehidupan Sehari-Hari

1.1           Pengaplikasian Mesin Uap Torak Pada Kehidupan Sehari-Hari
Ada banyak sekali modifikasi mesin-mesin uap torak yang dilakukan oleh banyak orang yang tentunya dengan tujuan mencukupi dan mampu membantu atau meringankan pekerjaan manusia. Pengaplikasian tersebut berupa:

A.    Media Transportasi
Selain beberapa alat transportasi pada umumnya masih banyak juga alat transportasi lainnya yang menggunakan tenaga uap atau menggunakan mesin uap torak seperti excavator atau mesin keruk, bus, truck, ataupun sepeda dengan mesin uap.

B.     Media Lain

Selain Media Transportasi masih banyak lagi contoh pengaplikasian mesin uap torak pada klehidupan sehari-hari, pada masa kejayaannya pada sekitar abad ke-17 sampai abad ke-19 mesin uap pada umumnya menyebabkan terjadinya revolusi industri besar-besaran yang berpengaruh pada berkembangnya mesin-mesin uap torak. Namun sekarang mesin-mesin uap khusunya mesin uap torak sudah tidak dipergunakan lagi. Alasannya adalah karena efisiensi mesin uap torak masih berkisar antara 40%-60% dan daya yang dihasilkan kurang begitu maksimal. Semenjak munculnya mesin bakar torak perlahan-lahan mesin uap torak ditinggalkan. Namun berbeda dengan mesin uap turbin, hingga sekarang mesin uap turbin masih tetep digunakan namun dalam penggunaannya masih terbatas seperti dalam pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...