Selasa, 13 Juni 2017

Dinamika Kapal

Dinamika Kapal
Dalam kajian olah gerak kapal, gerakan yang ditinjau adalah gerakan yang hanya mampu direspon oleh kapal, yaitu  heaving, pitching, rolling.
  • a.       Heaving adalah gerakan kapal yang mengarah ke bawah dank e atas yang di alami kapal karena perlakuan dari gelombang. Gerakan kebawah diakibatkan karena beban dan gerakan keatas diakibatkan karena gaya apung.
  • b.      Pitching adalah gerakan kapal berupa anggukan by the bow-by the stern yang disebabkan karena perlakuan dari gelombang.
  • c.       Rolling adalah gerakan kapal berupa olengan kearah starboard-portside.







 Respon dari gerakan kapal ini meliputi:
a.       Added mass inertial force adalah pertambahan massa pada kapal untuk kembali pada posisi semula.
b.       Damping force adalah gaya peredam yang berlawanan arah dengan arah gerak kapal yang menghasilkan pengurangan amplitude gerakan kapal secara berangsur-angsur.
c.       Restoring force adalah gaya untuk mengembalikan kapal ke posisi semula (equilibrium position). Gaya ini merupakan gaya buoyancy tambahan.
d.      Exciting force adalah gaya eksternal yang bekerja pada kapal. Exciting force berasal dari hasil integrasi gaya apung tambahan dan gelombang sepanjang kapal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...