Dinamika Kapal
Dalam kajian olah gerak kapal,
gerakan yang ditinjau adalah gerakan yang hanya mampu direspon oleh kapal,
yaitu heaving, pitching, rolling.
- a. Heaving adalah gerakan kapal yang mengarah ke bawah dank e atas yang di alami kapal karena perlakuan dari gelombang. Gerakan kebawah diakibatkan karena beban dan gerakan keatas diakibatkan karena gaya apung.
- b. Pitching adalah gerakan kapal berupa anggukan by the bow-by the stern yang disebabkan karena perlakuan dari gelombang.
- c. Rolling adalah gerakan kapal berupa olengan kearah starboard-portside.
Respon
dari gerakan kapal ini meliputi:
a.
Added mass inertial force adalah pertambahan massa pada kapal untuk kembali pada posisi semula.
b.
Damping force adalah gaya peredam yang berlawanan arah dengan arah
gerak kapal yang menghasilkan pengurangan amplitude gerakan
kapal secara berangsur-angsur.
c.
Restoring force adalah gaya untuk mengembalikan kapal ke posisi semula
(equilibrium position). Gaya ini merupakan gaya buoyancy tambahan.
d. Exciting force adalah
gaya eksternal yang bekerja pada kapal. Exciting
force berasal dari hasil integrasi gaya apung tambahan dan gelombang
sepanjang kapal
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar