Kamis, 15 Juni 2017

Pengaplikasian Turbin Uap

  Pengaplikasian Turbin Uap dalam Kehidupan Sehari-Hari

A.  Energi gerak
Energi gerak adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Energi gerak juga disebut energi kinetik (energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena geraknya). Energi gerak dapat dihasilkan oleh air mengalir, angin, orang berlari, dan lain-lain. Contoh benda yang menghasilkan energi gerak, yaitu : bor listrik, blender, kipas angin, dan lain-lain.

Manfaat energi gerak dalam kehidupan sehari-hari :
1. Pembangkit listrik (angin/udara dan air)
2. Mendorong layar kapal nelayan (angin)
3. Menggerakan kincir angin (angin)
4. Menggerakan kincir air (air)
5. Mempercepat proses pengeringan pakaian (angin)
6. Membantu proses penyerbukan tumbuhan (angin)
7. Menghangatkan tubuh (panas)
Dan lain-lain

B.  Manfaat energi listrik
Energi listrik adalah energi yang timbul karena adanya arus listrik yang mengalir melalui penghantar. Sumber energi listrik yang sering kita temui adalah baterai, generator, aki, dan lain-lain.
Manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari :
1. Menyalakan lampu listrik
2. Menyalakan televisi
3. Menyalakan komputer
4. Menyalakan radio
Dan lain sebagainya.
Perusahaan yang menjadikan listrik sebagai produksinya adalah PLN, Chevron Corporation, dan perusahaan pembangkit listrik dunia lainnya.
  
C.  EnergiBunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh benda yang menghasilkan bunyi. Energi bunyi dapat diketahui atau didengar dengan telinga kita. Bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Tinggi-rendahnya bunyi ditentuka oleh cepat-lambatnya getaran benda. Makin cepat dan kuat benda bergetar, amkin keras bunyi yang dihasilkan, begitupun sebaliknya. Contoh benda yang menghasilkan bunyi adalah terompet, gitar, radio, televisi, dan lain-lain.
Manfaat energi bunyi dalam kehidupan sehari-hari :Kita dapat berinteraksi dengan orang lain dengan mengandalkan bunyi  yang dihasilkan oleh orang lain, dan kita menangkapnya atau mendengarnya menggunakan indra pendengaran kita.Menikmati bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh alat-alat musik.
Dan lain sebagainya.

Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang dikeluarkan dari reaksi kimia. Energi kimia banyak terdapat pada bahan makanan dan bahan bakar kendaraan. Contoh energi kimia adalah bensin, solar, minyak tanah, batu bara, kayu bakar, makanan basi, dan lain-lain.
Manfaat energi kimia dalam kehidupan sehari-hari :
1. Sebagai bahan bakar kendaraan.
2. Sebagai sumber cahaya.
3. Gas LPG untuk memasak.
Dan lain sebagainya.
Perusahaan yang menggunakan energi kima sebagai produksinya adalah Pertamina, Panasonic Energy Corporation, dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...