Minggu, 18 Juni 2017

Tipe Sambungan Las


 Tipe Sambungan Las
Ada beberapa bentuk dasar sambungan las yang biasa dilakukan dalam penyambungan logam, bentuk tersebut adalah butt joint, fillet joint (T joint), lap joint, edge joint, dan Corner joint.

a)  Butt Joint:
Terbentuk bila dua anggota sambungan yang berada kurang lebih dalam bidang sama didekatkan antara ujung satu sama lainnya. Butt joint dapat digunakan dengan atau tanpa persiapan terhadap anggota sambungan yang memiliki ketebalan yang sama ataupun berbeda. Umumnya digunakan pada subassemblies, fabrikasi dan proses perbaikan

b) Corner Joint:
Merupakan sambungan las yang dibentuk bila dua anggota sambungan diposisikan membentuk sudut kurang lebih 90 derajat dengan sambungan las pada bagian luar anggota sambungan. Umumnya digunakan pada konstruksi bejana tekan dan tangki. Logam pengisi dapat dibutuhkan dan dapat pula tidak tergantung pada desain dan fungsi sambungan.

c) Lap Joint:
Merupakan sambungan las yang dibentuk bila dua anggota sambungan diposisikan saling menumpuk satu sama lain.  Lebih kuat dibandingkan dengan sambungan tumpul, tetapi mengakibatkan terjadinya penambahan berat.  umumnya dilas pada kedua sisinya dan umumnya digunakan selama proses perbaikan dan untuk menambah panjang material standar ke panjang yang diperlukan.

d)  Fillet Joint (T Joint):
 
Merupakan sambungan las yang dibentuk bila dua anggota sambungan diposisikan kurang lebih 90 derajat satu sama lain dalam bentuk T. Jika dimungkinkan, dilas pada kedua sisinya untuk mendapatkan kekuatan maksimum. umumnya digunakan dalam fabrikasi struktur penopang dimana bebanditransfer ke bidang yang berbeda pada lebih 90 derajat.

e) Edge Joint:
 


Merupakan sambungan las yang dibentuk bila sisi dua anggotamsambungan akan disambung. Sisi yang dilas sejajar satu sama lain. sering dipakai dalam menyambung struktur penopang dan struktur baja yang pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Bahan Bakar, Sistem Pelumas, Sistem Udara Bertekanan yang ada di kapal.

Sistem Bahan Bakar Aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar ...